Meraih Mimpi dengan Menulis

Berwisata di Perut Bumi Goa Soekarno

Goa Soekarno adalah destinasi wisata baru yang ngehits di tahun 2019.

Sejak dilaunching pada, ribuan pengunjung menikmati destinasi wisata yang terletak di desa Panaongan, kecamatan Pasongsongan, Sumenep itu.



Barangkali kamu juga bertanya, kenapa Goa ini diberi nama Goa Soekarno?

Menurut Hairul Anwar, goa itu awalnya ditempati Ki Soekardi. Ia adalah sosok soekarnois.

Ki Soekardi adalah seorang pengembara dan memiliki pemahaman kejawen. Kemudian, ia menikahi warga di sekitar goa sekaligus pemilik lahan dan memiliki keturunan.

Sebagai Soekarnois, ia memasang gambar-gambar si bung Besar itu di dinding Goa tempat ia bersemedi dan menyepi.Bahkan, sejumlah teman-temannya, menyempatkan hadir ke goa itu untuk sekadar berbicara banyak hal terkait gagasan-gagasan besar bung Karno.

Hari ini, goa itu benar-benar dipercantik serta dibangun ulang menjadi destinasi yang memikat para pengunjung.

Keindahan Wisata Di Perut Bumi


Ketika kalian memasuki lorong-lorong di dalam goa dan merasakan adanya aneka kerlap kerlip lampu, pengunjung akan benar-benar tergerak untuk merasakan sensasi berswafoto yang layak diposting di instagram.

Ada beberapa spot instagrammable di goa ini. Yang nantinya, berpotensi menghadirkan rasa penasaran serta mengundang follower baru untuk kalian.

Goa Soekarno terletak di kabupaten Sumenep. Tepatnya, di desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan. 

Goa ini juga menyediakan Cafe. Pengunjung bisa memesan aneka makanan dan minuman sambil duduk di antara deretan kursi dan menikmati suasana di dalam goa yang cukup adem dengan ventilasi udara yang cukup untuk menghadirkan aroma yang menyegarkan serta menyehatkan.

Menurut Hairul Anwar,  pioner dan sosok penting dibalik terbentuknya Destinasi Wisata Goa Soekarno ini, menuturkan jika awal mula penamaan goa ini dengan nama Goa Sokarno karna dahulu kala memang sering dijadikan tempat bermeditasi seorang pengelana yang mengagumi nasionalismenya sosok Soekarno, Proklamator negara Indonesia.

Saat pertama kali memasuki Goa itu, ditemukan gambar-gambar Soekarno yang ditempel di dinding dan menjadi ruang berdiskusi tentang pemikiran dan kehidupan Soekarno.

Hairul menyebutkan, jika Goa Soekarno dipercantik tanpa mengubah tekstur goa agar tetap alami. Namun, agar semakin menarik. lantai Goa diperindah agar ramah terhadap para pengunjung. Terlebih, di dalam goa juga disediakan Cafe agar pengunjung benar-benar menikmati suasana wisata di bawah tanah.

Ayo, kalian kapan ke sini?

Ditulis Fendi Chovi
Labels: TravelNotes

Thanks for reading Berwisata di Perut Bumi Goa Soekarno. Please share...!

2 komentar on Berwisata di Perut Bumi Goa Soekarno

Back To Top