Meraih Mimpi dengan Menulis

Belajar Ngeblog dengan BloggerFLP

* Ditulis fendi chovi

Siang itu, seorang teman menegurku dan isi tegurannya begini :

"Kenapa kamu masih suka menunda membuat blog dengan domain berbayar?"

"Segera diurus, ya, agar semakin giat menulis," tegurnya.

Kegiatan Workshop Blog

Bahasa yang kerapkali aku dengarkan, blog milikku harus ber- top level domain (TLD). 

Permintaan itu, menurutnya, sangatlah penting buat langkah-langkahku ke depan. Apalagi, kami sering ikut event bareng-bareng yang sebagian dari kegiatan yang kami ikuti selalu aku tulis di blog.

Setelah menimbang teguran dan sarannya itu, aku langsung mengurus pembuatan domain dan plus mencari nama yang aku anggap mewakili semangatku ngeblog. 

Akhirnya, aku memilih nama blog baru di tahun 2019 ini, dengan nama ajernoles.id 

Ajer Noles merupakan dua kata dari bahasa Madura. Ajer memiliki arti belajar. Noles memiliki arti menulis. Jadi, saat digabung artinya belajar menulis.

Blog ini akan dimanfaatkan untuk membicarakan dan mendiskusikan berbagai hal dan projek yang berkaitan dengan #BacaTulis #Ngobrolin BukuBaruBukuLawas #KomunitasMenulis #JalanJalanMenulis
Membiasakan ngeblog sama dengan membiasakan diri untuk rajin menulis. "Menulis itu, kata Pramoedya Ananta Toer, adalah kerja keabadian." 

Artinya, penulis itu akan terus mengikat pesan dan nasihat yang bisa terus menerus dibaca melewati puluhan generasi. 

Penulisnya boleh saja sudah tiada. Tetapi, karya-karya yang ditulisnya. Tak akan pernah hilang dalam ingatan kaum terpelajar. Bahkan, sejarah.
Baca juga tulisan Murid Tjokroaminoto ini 

Mengingat saat ini adalah era-nya digital. Maka, kita pun harus cepat untuk beradabtasi dalam menyajikan tulisan yang mudah diakses anak-anak milenial. 

Mengutip Karl Manheim, sosiolog yang mencetuskan penamaan generasi pada 1923 yang silam, jika kita dilahirkan pada periode 1980 hingga 1997. Kita adalah generasi Y, alias generasi milenial yang pertama.

Sebagai generasi milenial, ngeblog seharusnya dijadikan makanan sehari-hari. Agar sehat dan menyehatkan. Utamanya dalam memperkaya wawasan. Terlebih, finansial.

Saat ini, anak-anak milenial mulai terbiasa membaca dan mendapatkan asupan bacaan melalui gawai (gadget). Masyarakat yang melek IT, di desa atau kota, selama terkoneksi dengan internet. Mereka adalah konsumen. Dan kita menjadi produsen bacaan bagi orang-orang pengguna internet jika rutin mengisi blog kita.

Permintaan teman saat itu, pada titik ini menjadi permintaan yang layak dikenang. Blog kita memang tidak harus yang domainnya berbayar. Namun, memiliki blog dengan domain berbayar sangat terlihat profesional dan besar manfaatnya. 
Nah, sejak kembali bergabung dengan FLP, melalui Forum Lingkar Pena (FLP) di cabang Sumenep. Aku juga menjadi bagian Blogger FLP.

BloggerFLP adalah wadah yang ada di FLP yang menampung para anggota, terutama yang memiliki minat pada aktifitas ngeblog. Untuk bergabung dengan BloggerFLP, kalian kudu menjadi anggota FLP, memiliki NRA FLP, dan syarat lainnya, blog kalian kudu yang TLD.

Bergabung menjadi bagian BloggerFLP ini memberikan kesempatan untuk terkoneksi dengan sesama Blogger yang ada di FLP. Sebagaimana kita ketahui, FLP adalah komunitas literasi yang memiliki anggota yang tersebar di berbagai daerah. Manfaatnya tentu sangat besar juga buat kalian. 

Dari FLP, kalian bisa berjejaring bersama orang-orang yang sehobi dan bisa saja (kalian menemukan jodoh di FLP). Bukan hal yang mustahil juga, bila suatu hari nanti, tulisan-tulisan kalian di blog kalian sendiri bisa kalian bukukan.

Ngeblog, kalau kita jalani, manfaatnya sangat baik. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, pikiran tapi jika ditekuni juga untuk penguatan finansial (meski, untuk poin ini tergantung amal baiknya :)

Ngeblog bersama anggota/pengurus BloggerFLP ini merupakan kado yang layak disyukuri. Setidaknya, aneka manfaat pasti kita dapatkan sepanjang kita serius dan mau belajar bersama-sama.

Di FLP, tentu saja, kalian akan berjumpa dengan para penulis keren lainnya. Tak hanya keren sih, Insya Allah, mereka juga sholeh dan sholehah. Mereka akan senantiasa menulis sesuatu yang beradab dan menjaga setiap kata-kata yang keluar dari jemari atau keyboard dengan tujuan mengundang amal baik.

Kalau bukan hari ini kalian ngeblog, kapan lagi?

* hobi ngeblog dan jalan-jalan. Bergiat di FLP cabang Sumenep.

Labels: Essai

Thanks for reading Belajar Ngeblog dengan BloggerFLP. Please share...!

7 komentar on Belajar Ngeblog dengan BloggerFLP

  1. Semangat ngeblog ya semoga makin semangat berbagi inspirasi dan kebaikan lewat blog..

    BalasHapus
  2. Semangat ngeblognya, Mas. Mari sama-sama belajar di Blogger FLP, hehe

    BalasHapus
  3. Iyah semangat menulis. Blog adalah media terkini jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebaikan

    BalasHapus
  4. Yang penting semangat dan konsisten dulu, soal monetize, insyaAllah ada waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saya bisa dapat rejeki monetize blog dan juga nulis buku, Ibunda 😍

      Hapus
  5. Sampai sekarang pun saya masih belajar ngeblog. Belajar disiplin semenjak beli domain.

    BalasHapus
  6. Semoga makin tersyiar segala kebaikan dari blog ini

    BalasHapus

Back To Top