Meraih Mimpi dengan Menulis

Pembelajaran Menulis untuk Generasi Milenial

Ditulis @fendi.chovi

SEHARI menulis, sehari menginspirasi. Tagline roadshow Menulis Gratis itu diinisiasi Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Dungkek,  ke sejumlah sekolah negeri dan swasta, guna menyemarakkan semangat berliterasi.

Bersama Peserta dan Panitia

Roadshow pertama, Sabtu (9/9/2017) lalu dihelat  di Madrasah Aliyah Nasyatul Muta'allimin, Candi dengan 15 peserta terpilih.

Syafik, Kepala MA Nasymut menegaskan, kegiatan untuk menciptakan iklim pembelajaran menulis yang bisa terus ditindaklanjuti agar prestasi siswa terus meningkat dan menambah deretan juara di bidang tulis menulis.

"Kami berharap kegiatan diteruskan dengan rencana tindak lanjut, agar peserta bisa kembali belajar secara berkelanjutan dan fokus, untuk itu kami siap memfasilitasi," ujarnya.

Sementara itu, stadium general diisi Syamsuni, Ketua IAA Dungkek yang mengulas sisi gelap dunia tulis menulis terkait indikasi plagiat,  copy paste, menjiplak karya-karya orang lain, marak di lembaga pendidikan.

"Semoga tim dari sahabat literasi IAA Dungkek, menjadi kesempatan bagi kalian untuk belajar, mengasah keterampilan, mencari pengetahuan seputar dunia tulis menulis sebaik mungkin," pintanya.

Menurutnya, siswa harus cerdas dengan cara menulis. Tanpa menulis, budaya berliterasi, membaca, berdiskusi akan mati.

Syamsuni juga menyinggung trik-trik menulis agar bisa menjadi pemenang dalam berbagai ajang lomba menulis.

Tim sahabat literasi IAA Dungkek, digawangi Syamsuni, Fendi Chovi, Subaidi Pratama, Yondriani Akbar, Saiful Fawait, Rosyidi, dan Aisyah Abdullah Zihar, berbagi materi serta pengalaman menulis selama satu hari, dan praktik menulis di lapangan.

Roadshow berlangsung hingga empat bulan ke depan, mulai September hingga Desember 2017. Peserta diharapkan mampu menjadi penggerak buletin, majalah, dan majalah dinding sekolah sebagai wadah kreativitas.

Tak hanya itu, setiap sekolah diajak berkompetisi menyetorkan tulisan dan tulisan terbaik dipilih untuk dibukukan.

Ke depan, peserta mengikuti kelas khusus setiap pekan paska kegiatan sekaligus mendapatkan bimbingan agar generasi muda Dungkek ikut mewarnai belantika kepenulisan.

Tulisan ini pernah dimuat di sini (Arsip)


Labels: Literasi

Thanks for reading Pembelajaran Menulis untuk Generasi Milenial. Please share...!

0 Komentar untuk "Pembelajaran Menulis untuk Generasi Milenial"

Back To Top