Meraih Mimpi dengan Menulis

Freeport dan Keindonesiaan Kita

Jika berbicara soal Indonesia atau keindonesiaan kita, maka kita juga perlu melihat peran dari berbagai pihak, terutama sebuah perusahaan besar yang ada di negeri ini, salah satunya yaitu bernama Freeport.

Ketika kita berbicara mengenai sumbangsih Freeport Indonesia, kira-kira apa yang terlintas  di benak kita mengenai perusahaan yang sudah berpuluh tahun berada di Papua tersebut? 

Setiap berbicara mengenai Freeport dipastikan pikiran kita akan terbawa pada gambaran perusahaan asing, kekayaan Indonesia, mulai tambang emas dab penambangan di bawah tanah Papua.

Sudahkah kita belajar mencari tahu dan berusaha mengenal freeport lebih jauh, mungkin juga sisi baik soal keterlibatan freeport dalam usaha memajukan indonesia.

Tulisan ini merupakan bagian dari tentang sisi positif yang bisa kita petik dari kehadiran PT Freeport di Indonesia.

PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan asing dan berdasarkan catatan sudah 53 tahun berada di ibu pertiwi ini. Sebuah waktu yang cukup lama, bukan?

PT Freeport memiliki afiliasi dengan Freeport MC MoRan Copper dan Gold Inv serta PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero)   pada sebuah kawasan dataran tinggi tembagapura, kabupaten Mimika Provinsi Papua.

PT Freeport Indonesia dikenal karena bergerak pada bidang pertambangan dengan aktifitas menambang serta mengeksplorasi pada biji yang mengandung tembaga dan emas serta perak. Buah dari kegiatan pertambangan ini melahirkan sebuah konsentrat yang ternyata sangat dibutuhkan dunia. Makanya, peran dari PT Freeport sangat sentral.

Dalam operasi itu, pro kontra soal Freeport memang tersaji di hadapan publik, tapi kali ini tulisan ini bermaksid memberi sisi lain dari manfaat dan kebaikan dari kehadiran freeport.

koleksi foto (Ptfi.co.id)

Apa manfaat PT Freeport buat Indonesia? 

Pemberdayaan Masyarakat Lokal

Freeport Indonesia memiliki karyawan yang terdiri sebagian adalah warga lokal di sekitar kawasan PT Freeport. Coba kita lihat hasil liputan khusus yang dikeluarkan media massa, jika pertahun 2016 ada sekitar 27% atau 30.000 warga lokal bekerja pada perusahaan tersebut. (kontan).

Warga lokal yang bekerja di PT Freeport yang jumlahnya mencapai puluhan itu, juga tidak sedikit yang menduduki jabatan sebagai staf managerial hingga jabatan Vice President Freeport. Ini hal yang baik dan menjadi solusi bagi warga lokal tidak menjadi pengangguran dan yang bekerja di PT Freeport dari kalangan setempat bisa juga mendapatkan penghidupan.

PT Freeport juga menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia dan lembaga-lembaga swasta, khususnya dalam hal membangun rumah-rumah layak hunian warga, khususnya di jalan kamuki dan kota timika sejak tahun 1970. Sebuah bukti kontribusi dari PT Freeport Indonesia.

Tak terkecuali pembangunan Bandar udara Timika  dan pusat perbekalan juga menjadi salah satu bagian penting tentang kontribusi Freeport buat Indonesia.

Dalam hal infrastruktur, mari kita lihat bersama-sama tentang Mimika Sport Complex yang dibangun untuk persiapan penyambutan Pekan Olahraga Nasional tahun 2020. 

Terlebih, kegiatan pesta olahraga tersebut diselengggarakan di Papua dan Papua Barat dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pengembangan Budaya

PT Freeport Indonesia juga ikutserta dalam promosi kebudayaan lokal agar ciri khas dan khazanah budaya suku asli tetap terpelihara seiring dengan pembangunan. Pembangunan kebudayaan ini sangat penting. Sebab, promosi ke luar masih diikat  dengan persoalan ikatan kegamaan. (PTFi.co.id)

Dua hal di atas, menurut hemat penulis sangatlah cocok untuk memahami sisi lain dari semangat PT. Freeport dalam membangun dan berkontribusi untuk Indonesia.

Freeport Indonesia, tambang tembaga, Narasi dari Papua, Mining for Life.



Labels: Essai

Thanks for reading Freeport dan Keindonesiaan Kita. Please share...!

0 Komentar untuk "Freeport dan Keindonesiaan Kita"

Back To Top